Jangan Tunggu Lama ! Pasang Iklan Disini...

Saatnya Pelajar Memimpin Penanggulangan HIV/AIDS


Tampak pelajar menampilkan perannya dalam teatrikal di acara 'Saatnya Pelajar Memimpin Penanggulangan Narkoba dan HIV/AIDS


MERDEKA – Perang terhadap narkoba sudah tak bisa ditawar lagi. Saatnya pelajar memimpin penanggulangan narkoba dan HIV/AIDS pun juga sudah menjadi harga mati. Mutlak dan itu bukan hanya isapan jempol. Terbukti, Minggu (06/4) kemarin, di Gedung Olahraga (GOR) Merdeka Jombang, sedikitnya 1300 pelajar mengaku siap memimpin dan perang terhadap peredaran narkoba dan penanggulangan HIV/AIDS.


Acara yang disambut ribuan pelajar tersebut juga merupakan ajang penutupan Try Out Ujian Nasional (UNAS) yang berlangsung di tiga wilayah eks pembantu Bupati Jombang, Mojoagung, Ploso dan Kecamatan Ngoro. Sejak dilaksanakannya Try Out UNAS tanggal 16 Maret 2008 hingga penutupan di GOR Merdeka Jombang itu, para pelajar tampak antusias menyatakan perang terhadap narkoba.


Dibalut dengan berbagai kegiatan kreatifitas seni siswa SLTA se-Jombang, mulai dari band, tari modern, tari tradisional, sinden gosip, teaterikal dan puisi. Kreatifitas seni dan misi penanggulangan narkoba dan HIV/AIDS di Kabupaten Jombang benar-benar membahana.


Selaku 'komandan' Badan Narkotika Kabupaten (BNK) dan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Jombang, Drs. H. Ali Fikri dengan serta-merta mendukung para pelajar yang tak gentar berperang melawan narkoba. Ali Fikri yang juga Wakil Bupati (wabup) Jombang itu menyatakan harapannya pada pelajar dapat memimpin dan terlibat dalam penanganan narkoba dan HIV/AIDS.


Kepada Mojokerto Pagi, Ali Fikri mengatakan, pihaknya sangat prihatin terhadap tingginya angka peredaran dan pemakai narkoba di Kabupaten Jombang. Untuk itu, pihaknya terus berupaya dengan cara merangkul para pelajar menjadi motor penggerak penanggulangan barang haram tersebut.


“Memang tidak gampang menghilangkan secara total, namun kita punya metode dengan cara memangkas peredaran narkoba melalui pelajar. Nah, mata rantai yang menuju ke generasi muda itu kita sumbat dan potong,” ujar Ketua BNK/KPA Jombang ini lugas.


Lebih jauh Ali Fikri juga mengingatkan, bahwa untuk memberantas peredaran narkoba memang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Untuk membebaskan generasi muda dari ancaman narkoba adalah dengan menjadikan para pelajar sebagai sukarelawan anti narkoba.


“Lebih bersahabat, kita menggunakan istilah sentrawan bukan sukarelawan. Mereka yang didapuk menjadi sentrawan itu akan terus kita berikan pemahaman tentang bahaya narkoba,” terang Ali Fikri yang juga pentolan PAN Jombang ini seraya mengaku bahwa acara yang berlangsung di GOR Merdeka Jombang itu sangat tepat untuk bersosialisasi dengan para pelajar akan bahaya narkoba. “Ya, kita bisa membaur langsung dengan para generasi muda,” sambungnya.


Senada dengan Ali Fikri, Bupati Jombang, Suyanto yang turut hadir bersama jajaran Muspida juga menyatakan salut dan angkat topi atas kesiapan para pelajar memimpin penanggulangan narkoba dan HIV/AIDS di Jombang. Harapannya, para pelajar sebagai generasi muda dapat memberikan contoh tentang budaya sehat dan jauh dari narkoba.


“Saya ingin kalian (pelajar, red) bisa menjadi pemimpin masa depan yang mampu memberikan kecerahan untuk Jombang ke depan,” pintanya.


Acara yang dikonsentrasikan untuk menyongsong Jombang bebas Narkoba dan penularan HIV tahun 2015 tersebut, KPA dan BNK Jombang melalui sekretariatnya Jombang Care Center (JCC) itu juga melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi. Berbagai bentuk sosialisasi tersebut lebih mengarahkan pelajar agar banyak meluangkan waktunya untuk belajar dan mengerjakan aktivitas-aktivitas positif. Salah satunya dengan pelaksanaan Try Out Gratis yang bertema 'Saatnya Pelajar Memimpin Penanggulangan Narkoba dan HIV-AIDS'.


Sementara, dalam acara tersebut 10 peringkat terbaik di masing-masing eks Kawedanan Jombang mendapatkan hadiah beasiswa tunai senilai total Rp 4 juta dan berbagai bingkisan. Dari pelaksanaan Try Out tersebut, sebagian besar peringkat terbaik dikuasai oleh pelajar dari sekolah negeri, diantaranya SMAN Mojoagung, SMAN Ploso, SMAN Ngoro, SMAN Bareng, SMAN 2 Jombang dan SMAN 3 Jombang. (syarif abdullah/alam samudra)


Rangkaian Kegiatan :


NO

TANGGAL

SASARAN

LOKASI

JMLH

1

16 Maret 2008

Ex – Kawedanan Mojoagung

1. SMAN Mojoagung

2. SMPN 2 Mojoagung

369 peserta

2

23 Maret 2008

Ex – Kawedanan Ploso

1. SMAN Ploso

2. SMPN 1 Ploso

794 peserta

3

23 Maret 2008

Ex – Kawedanan Ngoro

1. SMAN Ngoro

2. SMPN 1 Ngoro

582 peserta

4

06 April 2008

Ex – Kawedanan Jombang

GOR Merdeka Jombang

1.350 peserta

JUMLAH

3.095 peserta


Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

0 komentar:

[+/-]Click to Show or Hide Old Comments

Poskan Komentar

Komentar Anda ?

Mampir Donk


ShoutMix chat widget
 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All