ANTI free sex & film porno Indonesia
indonesia

Kunjungan

KPK
Photobucket
Jangan Tunggu Lama ! Pasang Iklan Disini...

APBN Raskin Tembus Rp 3 M


JOMBANG – Tingginya harga beras untuk rakyat miskin (raskin) pada tahun ini tak sebanding dengan anggaran yang dikucurkan. Dari hitungan peruntukkan yang dianggarkan melalui APBN 2008 untuk 78.044 Rumah Tangga Miskin (RTM) penerima raskin mencapai Rp 3,6 M.


Menanggapi hal ini, Kasubag Kessos Setdakab Jombang, Yuli Sugiarti mengelak, bahwa dana sebesar itu sudah disesuaikan dengan jumlah RTM yang terdata Badan Pusat Statistik (BPS) Jombang. Dikatakannya, total budget tersebut sudah terhitung sampai dengan bulan ke 10 program raskin tahun 2008.


Tapi mau gimana lagi, wong anggarannya ya segitu dan datanya juga pakai acuan BPS ! Itu tidak seberapa ketimbang tahun lalu bisa sampai puluhan milyar untuk satu bulan,” jelas Yuli sembari mengalkulasi kebutuhan dengan alokasi anggaran dengan kalkulatornya.


Ironinya, anggaran miliaran rupiah tersebut, kata Yuli, tidak termasuk biaya angkut dari gudang dolog ke maskin. Dengan kondisi tersebut, terpaksa pihaknya harus menganggarkan kembali dana pengeluaran untuk biaya angkut sampai ke sasaran.


Biaya dari pusat itu hanya untuk distribusi raskin sampai ke pintu gudang dolog saja, seterusnya saya nggak tahu ? Tapi yang jelas untuk biaya operasional sampai ke titik manfaat, terpaksa kita yang menganggarkan,” ungkapnya rinci.


Disinggung tentang tidak adanya alokasi anggaran yang diberikan APBN untuk sisa 2 bulan di akhir tahun ? Menurutnya, hal tersebut sebenarnya sangat mengganggu kesinambungan program raskin selama setahun berjalan. Kendati demikian, Yuli yang juga salah satu tim raskin kabupaten berharap hal tersebut dapat dianggarkan melalui APBD Jombang 2008.


Entah bagaimana caranya yang dua bulan itu bisa dimaksimalkan pembiayaannya oleh pemerintah daerah. Harapan kita biar nggak mandeg di tengah jalan,” pintanya memelas.


Menyesuaikan jadwal yang sudah ditentukan, proses pendistribusian raskin dipastikan hari ini (Senin, 21/1, red) digelar ke 21 kecamatan. Masing-masing maskin akan mendapatkan 10 kg dengan harga jual yang dipatok Rp 1.600/kg/RTM. Harga tersebut terbilang tinggi ketimbang ketentuan harga yang ditawarkan di program raskin setahun sebelumnya yang berkisar hanya Rp 1000/kg/RTM.


Mengacu jumlah RTM yang dikirimkan BPS ke Pemkab Jombang untuk tahun 2008, tercatat 78.044 maskin. Data tersebut berasal dari pendataan penduduk miskin yang dilakukan BPS sejak berlangsungnya program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dua tahun lalu.


Namun dari hasil konfirmasi, BPS sempat mengelak bahwa pendataan maskin yang dilakukan instansi vertikal tersebut mengacu dari ketentuan dan komando dari BPS Pusat untuk mendata maskin. Menurut staf BPS Jombang yang saat itu ditemui Mojokerto Pagi, Isman, mengaku selama tidak ada perintah untuk mendata, pihaknya tetap memakai pijakan jumlah maskin tahun 2005.


Pastinya ada perubahan, karena perkembangan masyarakat yang masuk katagori miskin sangat cepat. Tapi harus bagaimana lagi karena sampai sekarang tidak ada perintah dari pusat, dan data itu yang kita berikan ke Bappeda Jombang,” aku Kasi Sosial BPS Jombang ini hati-hati. abd

Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

0 komentar:

[+/-]Click to Show or Hide Old Comments

Posting Komentar

Komentar Anda ?

Mampir Donk


ShoutMix chat widget
Photobucket
 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All